Monday, October 3, 2016

Penerapan SIG dalam Pembelajaran. Mungkinkah?

Sistem Informasi Geografi tampaknya masih menjadi momok bagi guru-guru baik di tingkat SMP ataupun SMA hingga saat ini. Di banyak kasus, SIG ataupun penginderaan jauh hanya menjadi materi yang diajarkan sekenanya, sekedarnya atau bahkan dilewatkan begitu saja. Kondisi ini dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum di pendidikan menengah. Perubahan kurikulum dengan penambahan kedua materi tersebut memunculkan masalah bagi guru-guru yang lulus sebelum tahun 1994 karena dipastikan mereka tidak pernah mempelajari kedua materi tersebut. Dampak dari substansi SIG pada kurikulum 1994 dan 2004 adalah kurangnya penguasaan materi SIG, sehingga sejumlah guru mengaku hanya menyampaikan materi tersebut dengan memberikan konsep yang ada pada buku ajar dan kadang dilewati dengan hanya memberikan tugas kepada peserta didik.

Penerapan SIG dalam kelas sebenarnya dapat diantisipasi dengan perubahan model pembelajaran yang dapat mengkaitkan teknologi ini dalam pembelajaran. Dalam beberapa artikel dibawah, disebutkan bahwa penerapan SIG oleh guru di beberapa negara, ataupun kendala-kendala yang dihadapi oleh guru ini memberi gambaran mengenai secercah harapan dalam penerapan SIG di kelas-kelas kita. Peran pemerintah tentu saja diperlukan dalam menyiapkan infrastruktur yang mendukung pembelajaran berbasis teknologi, sehingga guru-guru dapat menggunakan fasilitas pembelajaran bersama siswa termasuk perangkat SIG yang memerlukan komputer dengan spesifikasi tertentu. Disisi lain kemampuan guru sebagai fasilitator tentu perlu ditingkatkan agar guru tidak hanya menyampaikan materi secara verbal, namun juga mengajak siswa belajar menggunakan SIG (learning with GIS) sebagai salah satu teknologi yang menjadi keunggulan geografi.

Guru geografi di masa depan tentu tidak hanya mempunyai tanggung jawab untuk mentransfer ilmu kepada siswa, namun juga mengembangkan model dalam rangka untuk meningkatkan keingin tahuan yang ada dalam diri siswa sehingga pembelajaran lebih kepada pembentukan karakter dan peningkatan kapasitas dalam diri siswa.

Beberapa artikel ilmiah berikut ini dapat digunakan sebagai pemantik untuk pengembangan pengetahuan SIG bagi guru geografi. (awn)
  1. Evaluating the Implementation and Effectiveness of GIS-Based Application in Secondary School Geography Lessons
  2. The Contribution of Geographic Information Systems (GIS) to Geography Education and Secondary School Students’ Attitudes Related to GIS
  3. Applying the GIS in school education: the experience of Japanese geography teachers
  4. The Implementation and Effectiveness of Geographic Information Systems Technology and Methods in Secondary Education
  5. Professional Development: Teachers Use of GIS to Enhance Student Learning





2 comments:

  1. Terimakasih infonya gan, saya jadi tau kekurangan dan kelebihan dari materi tersebut

    jangan lupa kunjungi website saya : https://sfasah.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan juga website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas info blog nya gan,saya jadi tau manfaat dan keuntungan menggunakan Gis.
    jangan lupa kunjungi website saya https://zuhri.mahasiswa.atamaluhur.ac.id
    website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete